Bagaimana Cara Mesin Pencari Beroperasi

Bagaimana Cara Mesin Pencari Beroperasi – Mesin pencari memiliki dua fungsi utama yaitu melakukan penelusuran dan membangun indeks dari hasil penelusuran kemudian memberikan pengguna mesin pencari suatu daftar peringkat situs website yang mereka tentukan paling relevan dengan yang ingin dicari.

Google Crawler

1. Melakukan Penelusuran Dan Pengindexan

Bayangkan World Wide Web (www) sebagai suatu jaringan terminal pemberhentian yang cukup luas pada suatu negara.

Setiap terminal pemberhentian adalah dokumen tertentu (biasanya halaman website, bisa juga PDF, JPG, atau file lainnya). Mesin pencari membutuhkan cara untuk menelusuri seluruh kota dan menemukan semua terminal pemberhentian di sepanjang jalan yang dilaluinya, sehingga mesin pencari menggunakan jalur terbaik yang didapatkan atau tersedia dari tautan dalam website atau yang bisa disebut “link”.

Penelusuran Dan Pengindeksan
Melakukan penelusuran dan pengindeksan miliaran dokumen, halaman, file, berita, video, dan media di World Wide Web.

2. Menghasilkan Jawaban

Jawaban yang dihasilkan atas permintaan pengguna mesin pencari, paling sering adalah melalui penyajian daftar halaman yang relevan yang telah mereka dapatkan dan kemudian diberi peringkat sesuai relevansi yang dicari.

Struktur tautan / “link” website berfungsi untuk mengkaitkan semua halaman secara bersama-sama.

Tautan / “link” memungkinkan mesin pencari berupa robot online tanpa wujud fisik secara otomatis, yang disebut penelusur / “crwalers” atau “spiders”, untuk menjangkau miliaran dokumen yang saling terkait di web.

Begitu mesin pencari menemukan halaman tersebut, mereka menguraikan kode dari mereka dan menyimpan potongan-potongan informasi yang terpilih dalam database yang besar, untuk diingat nanti bila diperlukan untuk query pencarian. Untuk dapat melaksanakan tugas pencarian dengan baik dengan memegang miliaran halaman yang dapat diakses dalam sepersekian detik, perusahaan mesin pencari telah membangun pusat data di seluruh dunia.

Fasilitas penyimpanan yang sangat besar ini membuat ribuan mesin memproses sejumlah besar informasi dengan sangat cepat. Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin utama, mereka menginginkan hasil secara instan; Bahkan penundaan satu atau dua detik pun bisa menimbulkan ketidakpuasan, sehingga mesin pencari bekerja keras untuk memberikan jawaban secepat mungkin.

Mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya adalah mesin pemberi jawaban. Ketika seseorang melakukan pencarian online, mesin pencari mengangkut miliaran dokumen dan melakukan dua hal: pertama, hanya mengembalikan hasil yang sesuai atau berguna untuk “query” pencari dan yang Kedua, memberi peringkat hasil sesuai dengan popularitas situs-situs yang menyajikan informasi. Ini adalah mengenai kesesuaian dan popularitas merupakan proses SEO yang dapat mempengaruhi.

Bagaimana mesin pencari menentukan kesesuaian dan popularitas?

Untuk mesin pencari, kesesuaian berarti lebih dari sekedar mencari halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada awal mulanya dalam dunia web, mesin pencari tidak melangkah lebih maju seperti sekarang ini, dan hasil pencarian hanya terbatas. Selama bertahun-tahun, para insinyur telah menemukan cara yang lebih baik untuk mencocokkan hasil dengan “query” pencari. Saat ini, ratusan faktor mempengaruhi kesesuaian.

Mesin pencari biasanya menganggap bahwa jika situs, halaman, atau dokumen lebih populer, maka semakin berharga informasi yang ada didalamnya. Asumsi ini terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan pengguna dengan hasil pencarian.

Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebagai gantinya, mesin menggunakan persamaan matematis (algoritma) untuk mengurutkan kesesuaian, dan kemudian memberi peringkat pada hasil pencarian sesuai kualitas (popularitas).

Algoritma ini sering terdiri dari ratusan variabel. Di bidang pemasaran pencarian.

Bagaimana Menerapkan SEO Untuk Hasil Terbaik

Algoritma yang rumit dari mesin pencari mungkin tampak tak bisa dimengerti. Namun mesin pencari memberi sedikit wawasan tentang bagaimana mencapai hasil yang lebih baik atau untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas, berikut saran saran yang diberikan oleh mesin pencari :

Panduan Informasi SEO dari Google

Google merekomendasikan hal berikut untuk mendapatkan rangking yang lebih baik di mesin pencari mereka :

Buatlah halaman yang ditujukkan bagi pengunjung web, bukan untuk mesin pencari. Jangan menipu pengunjung web Anda atau menyajikan suatu konten ke mesin pencari namun menampilkan hal yang berbeda kepada pengunjung web, praktik ini biasa disebut “cloaking”.
Buatlah situs dengan struktur hierarki dan tautan / “link” teks yang jelas. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu tautan / “link” teks statis.
Buat situs yang bermanfaat dan kaya informasi, dan tulislah halaman yang secara jelas dan akurat menggambarkan konten Anda. Pastikan elemen <title> dan atribut ALT Anda di jelaskan dengan tepat dan akurat.
Gunakan kata kunci untuk membuat URL seolah olah menggambarkan isi dari web dan mudah dibaca. Berikan satu versi URL untuk mencapai dokumen, dengan menggunakan pengalihan ke 301 atau atribut rel = “canonical” pada HTML untuk menangani konten yang duplikat.

Panduan Informasi SEO dari Bing

Insinyur Bing di Microsoft menganjurkan hal berikut untuk mendapatkan rangking yang lebih baik di mesin pencari mereka :

  • Pastikan untuk menerapkan struktur URL yang mengandung kata kunci.
  • Pastikan konten tidak terkubur di dalam media seperti (Adobe Flash Player, JavaScript, Ajax) dan verifikasi bahwa media tidak menyembunyikan tautan dari mesin penelusur digital.
  • Buat kata kunci yang cocok dengan apa yang dicari pengguna.
  • Membuat konten yang orisinil dan teratur.
  • Jangan menaruh teks yang ingin diindeks di dalam gambar. Misalnya, jika Anda ingin nama atau alamat perusahaan Anda diindeks, pastikan tidak ditampilkan di dalam logo perusahaan.

Leave a Reply